Teknik-teknik Pengambilan Keputusan
a.
Teknik Kreatif
-
Brainstorming berusaha untuk
menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan
kesempatan para anggota untuk melontarkan ide-idenya.
-
Synectics didasarkan pada asumsi
bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan untuk
meningktakan keluaran (output) kreatif individual dan kelompok
b. Teknik Partisipatif
Individu
individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
c.
Teknik Modern
-
Teknik Delphi
-
Teknik Kelompok Nominal
Tahapan Pengambilan Keputusan
Simon (1960)
memperkenalkan empat aktivitas dalam proses pengambilan keputusan
-
Intelligence :
Pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan permasalahan.
-
Design : Tahap
perancangan solusi dalam bentuk alternatif2 pemecahan masalah.
-
Choice : Tahap
memilih dari solusi dari alternatif2 yg disediakan.
-
Implementation
: Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pemecahan Masalah
Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
Faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1. Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan,
misalnya pembelian rumah,
alternatif pemilihan adalah lingkungan rumah (bersih, tidak banjir, dekat kota atau
mudah transportasi), bahan baku, harga (cicilan rendah dan lama).
alternatif pemilihan adalah lingkungan rumah (bersih, tidak banjir, dekat kota atau
mudah transportasi), bahan baku, harga (cicilan rendah dan lama).
2. Tersedia waktu yang memadai untuk pertimbangan yang mendalam
untuk membeli produk.
3. Terdapat tingkat keterlibatan (relevansi pribadi) yang
tinggi yang menyertai
pembelian.
pembelian.
Para ahli telah
merumuskan proses pengambilan keputusan model lima tahap, meliputi:
1. Pengenalan masalah. Proses pembelian dimulai saat pembeli mengenali masalah
atau kebutuhan, yang dipicu oleh rangsangan internal atau eksternal.
2. Pencarian informasi. Konsumen yang terangsang kebutuhannya akan terdorong
untuk mencari informasi yang lebih banyak. Sumber informasi konsumen yaitu:
-
Sumber pribadi:
keluarga, teman, tetangga dan kenalan.
-
Sumber
komersial: iklan, wiraniaga, agen, kemasan dan penjualan.
-
Sumber publik:
media massa dan organisasi penilai konsumen.
-
Sumber
pengalaman: penanganan, pemeriksaan dan menggunakan produk.
3. Evaluasi alternatif. Konsumen memiliki sikap beragam dalam memandang atribut
yang relevan dan penting menurut manfaat yang mereka cari.
4. Keputusan pembelian. Dalam tahap evaluasi, para konsumen membentuk preferensi
atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan. Faktor sikap orang lain
dan situasi yang tidak dapat diantisipasi yang dapat mengubah niat pembelian
termasuk faktor-faktor penghambat pembelian. Dalam melaksanakan niat pembelian,
konsumen dapat membuat lima sub-keputusan pembelian, yaitu: keputusan merek,
keputusan pemasok, keputusan kuantitas, keputusan waktu dan keputusan metode
pembayaran.
5. Perilaku pasca pembelian. Para pemasar harus memantau kepuasan pasca pembelian,
tindakan pasca pembelian dan pemakaian produk pasca pembelian, yang tujuan
utamanya adalah agar konsumen melakukan pembelian ulang.
0 komentar:
Posting Komentar