1. TUGAS-TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN
- Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
- Mengembangkan konsep produk
- Menguji berlakunya konsep produk
- Membuat design produk
- Mengembangkan pembukuan dan merk
- Menetapkan harga
- Mengatur distribusi
- Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif
- Memeriksa penjualan
- Memperhatikan kepuasan konsumen
2. PROSES MANAJEMEN PEMASARAN
1. Melakukan Riset Pasar. Proses marketing dimulai dari riset pasar untuk melihat seberapa besar potensi pasar, mengukur tingkat kebutuhan pasar, peluang pasar, dan ragam segmen yang tersedia. Juga mengetahui tingkat persaingan di pasar tersebut.
2. Mengembangkan Strategi Marketing. Dengan memperhitungkan keunggulan anda, anda siapkan strategi positioning dan brand produk anda.
3. Menetapkan Program Marketing. Dari strategi marketing tersebut, kemudian lebih rinci ke program marketing. Apa sajakah program marketing yang anda rencanakan? Misalkan ketika baru meluncurkan produk, anda bertumpu pada SEO, PPC, dan beriklan di situs web iklan seperti iklan jitu. Pada tahap ini, anda perlu hitung total anggaran marketing, alokasi pengeluaran di tiap program marketing yang dijalankan.
4. Evaluasi dan Perbaikan. Pada tahap terakhir ini kita lihat bagaimana hasil dari program-program marketing tersebut. Sudah sesuaikah dengan target anda? Dan dari hasilnya anda bisa rumuskan kembali program marketing apa yang perlu diperbaiki, mana yang perlu diperkuat, mana yang perlu dikurangi atau mungkin perlu ditiadakan. Dan begitu seterusnya.
3. STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.
Strategi pemasaran ada 3 tahap yaitu :
- Memilih konsumen yang di tuju
- Mengidentifikasikan keinginan konsumen
- Menentukan marketing mix
4. PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
Ada lima konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran :
1. Segmentasi pasar : untuk mengetahui bahwa setiap pasar memiliki segmen yang berbeda-beda
2. Penentuan posisi pasar : perusahaan berusaha memilin pada konsentrasi pasar khususyang memberikan kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan, setelah memperoleh posisi tertentu di pasar. Oleh karena itu perusahaan harus menentukan sasaran pasarnya.terdapat 2 macam strategi :
3. Konsentrasi segmen tunggal : konsentrasi pada 1 segmen saja
4. Konsentrasi segmen ganda : perusahaan menginginkan posisi yang kuat pada beberapa segmen
5. Menentukan bagaimana memasuki segmen pasar yang di tuju ada 3 cara :
· Membeli perusahaan lain
· Berkembang sendiri
0 komentar:
Posting Komentar